-->
Sabtu 12 Apr 2025

Notification

×
Sabtu, 12 Apr 2025

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rugi Bersih Rp 1 Triliun pada Kuartal I 2023

30 April 2023 | April 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2025-03-24T00:30:56Z

bukalapak

Bukalapak Rugi

 

Bukalapak adalah perusahaan e-commerce Indonesia yang menyediakan platform jual beli online. Bukalapak didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid. 

Bukalapak bertujuan untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) untuk membuka toko online. Bukalapak juga membantu bisnis milik keluarga tradisional yang berskala lebih kecil. 

Bukalapak memiliki beberapa fitur, di antaranya: 

·         Jaminan uang kembali 100% jika barang tidak dikirimkan oleh penjual

·         Sistem pembayaran BukalaDompet

·         Layanan online to offline (O2O)

·         Layanan business to business (B2B)

·         Layanan finansial

·         Layanan logistik

PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) mencatatkan rugi bersih sebesar Rp 1 triliun pada kuartal I 2023 atau turun dari laba bersih senilai Rp 14,59 triliun pada kuartal pertama tahun lalu.

Corporate Secretary Bukalapak Teddy Oetomo mengatakan penurunan tersebut seiring dengan kerugian operasional yang dibukukan Bukalapak sebesar Rp 1,17 triliun pada kuartal I 2023 atau mengalami penurunan secara tahunan.

"Penurunan tersebut terutama karena di kuartal I 2022, perseroan mendapatkan laba yang substansial dari laba nilai investasi di PT Allo Bank Tbk," ujar Teddy Oetomo dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (29/4).

Adapun Total Processing Value (TPV) Bukalapak selama kuartal I 2023 tumbuh sebesar 19 persen menjadi Rp 40,5 triliun. Pertumbuhan ini didorong oleh pertumbuhan secara tahunan dari Marketplace dan TPV specialty verticals.

Sebanyak 72 persen dark TPV perseroan berasal dari luar daerah Tier 1 di Indonesia, dimana penetrasi all-commerce dan tren digitalisasi warung serta toko ritel tradisional terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat.

TPV mitra Bukalapak pada kuartal I 2023 juga naik sebesar 9 persen secara tahunan menjadi Rp 18,7 triliun.

"Pertumbuhan mitra utamanya didukung oleh ekspansi varian produk, dimana pertumbuhannya mencapai 10 persen secara tahunan untuk TPV produk-produk fisik dan tumbuh sebesar 8 persen untuk TPV produk-produk virtual dan layanan finansial," imbuh Teddy.

Pada akhir Maret 2023, jumlah mitra yang telah terdaftar mencapai 16,8 juta, meningkat dari 16,1 juta pada akhir Desember 2022.

Pendapatan Bukalapak pada kuartal I 2023 tumbuh sebesar 28 persen secara tahunan menjadi Rp 1 triliun, sementara pendapatan mitra Bukalapak pada kuartal I 2023 meningkat sebesar 9 persen year on year menjadi Rp 515 miliar.

"Marketplace menunjukkan pertumbuhan yang kuat dengan peningkatan pendapatan sebesar 77 persen dibandingkan kuartal I 2022 menjadi Rp 517 miliar, didorong oleh specialty verticals dengan take rate yang lebih tinggi," katanya.

Perseroan terus fokus pada strateginya untuk mencapai pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan, diiringi dengan pengelolaan beban yang baik.

Pada periode kuartal I 2023, rasio beban umum dan administrasi yang tidak termasuk kompensasi berbasis saham terhadap TPV membaik menjadi -0,8 persen dibandingkan dengan -1 persen pada periode yang sama tahun lalu.

copas dari https://money.kompas.com/read/2023/04/29/203058026/bukalapak-catat-rugi-bersih-rp-1-triliun-pada-kuartal-i-2023

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update