-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kapal AS Tembak Jatuh 14 Drone Houthi Yaman

18 December 2023 | December 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-06T14:21:13Z

as vs Houthi Yaman
 

Sebuah kapal Angkatan Laut Amerika Serikat menembak jatuh 14 drone yang diluncurkan dari daerah kekuasaan milisi Houthi Yaman, Sabtu (16/12).

Komando Pusat AS melaporkan belasan pesawat tak berawak itu ditembak tanpa menimbulkan kerusakan pada kapal-kapal di kawasan maupun korban.

Ini adalah serangan terbaru yang diluncurkan Houthi bulan ini.

Awal bulan ini, USS Carney AS menembak jatuh setidaknya tiga drone Houthi yang menuju kapal di Laut Merah selatan.

Kapal perusak AS itu juga beberapa kali menanggapi panggilan darurat dari kapal-kapal komersial di daerah tersebut yang diserang rudal balistik milisi di Yaman.

Dalam beberapa bulan terakhir, AS meluncurkan serangan di Suriah timur dan Irak untuk membalas serangan milisi terhadap pasukan mereka. AS menargetkan depot senjata dan fasilitas penyimpanan yang digunakan Korps Pengawal Revolusi Islam Iran dan kelompok-kelompok milisi proksinya.

Houthi merupakan milisi di Yaman yang dibekingi Iran. Kelompok ini merupakan organisasi politik dan militer Syiah yang perang saudara dengan koalisi yang didukung Arab Saudi sejak 2014.

Houthi sejak dulu menyatakan dukungannya terhadap Palestina. Houthi mengorganisir protes di Yaman atas serangan Israel di Gaza.

Serangan-serangan Houthi sendiri sudah terjadi sejak dulu namun meningkat sejak Negeri Zionis melancarkan agresi ke Gaza imbas serbuan Hamas ke sejumlah daerah Zionis 7 Oktober lalu.

Agresi ini telah menewaskan sekitar 18.800 warga Gaza. Mayoritas korban ialah anak-anak dan perempuan.

Serangan Israel juga kian brutal lantaran kini tengah fokus menyasar Gaza selatan. Gaza utara, sementara itu, nyaris seluruhnya telah luluh lantak.

copas dari https://www.cnnindonesia.com/internasional/20231218080246-120-1038498/kapal-as-tembak-jatuh-14-drone-houthi-yaman

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update